Senin, 07 Februari 2011

MENJEMPUT REZEKI


Sesungguhnya Allah yang memberikan rezeki seluruh makhluk-Nya, baik yang kecil maupun yang besar termasuk manusia didalamnya. Tidak ada satu pun makhluk hidup di muka bumi ini yang terlewat dari mendapatkan rezeki dari-Nya dan semua itu tidak akan pernah mengurangi kekayaan Allah sedikit pun jua

Allah berfirman-Nya dalam kitab-Nya:
“Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezkinya dan dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).” (QS. Huud : 6)

Dari ayat di atas sangat jelas dan pasti bahwa setiap makhluk hidup di muka bumi ini, setiap makhluk yang bernyawa di dunia ini, rezekinya sudah dijamin oleh Allah, termasuk manusia. Tapi satu hal yang harus dan wajib dilakukan oleh manusia adalah ia harus menjemputnya. Ia harus mencarinya. Karena rezeki tidak ada yang nganterin. Rezeki mesti dijemput. Harus ada ikhtiar untuk menjemputnya.
Banyak sekali ayat dalam Al-Qur’an yang secara tegas maupun tersirat yang memerintahkan kepada semua manusia untuk menjemput rezeki.
Sebagaimana difirmankan oleh Allah dalam surat Al-Mulk:15
Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu kembali setelah) dibangkitkan.(QS Al Mulk:15 )Ini adalah cuplikan khutbah jum'at yang saya buat. Selengkapnya bisa didownload disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar